5 Mitos Lucid Dreaming

5 Mitos Lucid Dreaming
Banyak orang yang selalu berpikir bahwa lucid dreaming mempunyai hubungan yang dekat dengan hal hal yang berbau mistis dan gaib, khususnya orang indonesia. Saya mau menyatakan bahwa lucid dreaming tidak ada hubungan apapun dengan hal gaib maupun mistis. Maka, inilah 5 fakta mengenai kemistisan lucid dream.

1. Lucid dreaming berarti jiwamu meninggalkan tubuhmu.

 Mungkin terinspirasi dari film insidious, kebanyakan orang percaya bahwa lucid dreaming berarti jiwamu meninggalkan tubuhmu. Di film insidious sang anak melakukan astral projection (saya akan jelaskan tentang astral projection lebih lagi nanti) yang membawa jiwanya keluar dari tubuhnya. Sang anak lalu menjelajahi jiwa ini dengan tubuhnya. Sayangnya, sang anak masuk ke dalam tempat yang seharusnya manusia tidak kunjungi dan akhinya terperangkap. Saya ingin jelaskan bahwa ini hanyalah film. Saya sangat kaget begitu mendengar orang orang bilang "Iya, lucid dreaming susah banget. harus afal letak tempat tidur kita. afal posisi tidur kita.. etc deh... pokoknya harus nonton film insidious dulu!".

Saya ingin tegaskan lagi bahwa lucid dreaming berarti sadar kamu sedang bermimpi saat tidur. Tidak lebih! Lucid dream hanyalah sebuah mimpi lain, hanya saja bedanya kita sadar sedang bermimpi.

2. Mati di lucid dream = mati di dunia nyata.
Tentu saja tidak. Mungkin ide ini merupakan hasil dari mitos nomor 1. Mati di dalam lucid dream tidak akan memengaruhi apapun di real life!

3. Mati di lucid dream = Bangun.
Yang ini juga tidak. Di lucid dream kita akan susah untuk merasakan rasa sakit. Jadi tidak ada yang namanya painful death. Lalu, mati di lucid dream tidak akan membangunkan kamu di real life. Kecuali, untuk beberapa orang, jika kematian yang telah direncanakan mereka di lucid dream cukup tegang (jatoh dari tebing misalnya), mereka bisa bangun di dunia nyata. Mengapa? Mungkin karena rasa tegang dan ketakutan yang sangat tinggi!

4. Lucid Dream bisa menyebabkan kecanduan.
Mungkin, tapi kemungkinannya kecil. Seumur hidup saya saya tidak pernah kecanduan lucid dream. Bahkan, saya lebih candu main game daripada lucid dream. Di saat sekolah saya jarang memikirkan lucid dreaming, melainkan game. Jadi kemungkinan bahwa kamu bisa saja kecanduan untuk tidur terus kecil.

5. Lucid dream bisa berlangsung lama, bahkan sampai bisa membuat kita terperangkap disana.
Tentu saja tidak. Jika kita tidur selama 8 jam , kita bisa bermimpi selama sekitar 100 menit. Coba ingat-ingat mimpi terakhirmu. Kenapa kamu bangun? Karena memang sudah waktunya kamu untuk bangun di dunia nyata bukan? Kita tidak mungkin terpenjara di dalam lucid dream sampai berhari-hari atau bertahun-tahun dan saat bangun kita bangun di hari yang sama saat kita tidur. Tidak! Kita pasti bangun dari mimpi!




















23 komentar:

  1. Gan artikel yang judulnya "Self Hypnosis dan Lucid Affirmation" kok hilang? emang agan hapus atau gimana?

    BalasHapus
  2. apa sih si agan.. ada kok > http://lucid-dreaming-101.blogspot.com/2012/12/self-hypnosis-dan-lucid-affirmation.html

    hehehe:D agan mabok ya :DD

    BalasHapus
  3. Ooo gitu ya gan.. Selama ini gua kira lucid dream itu bahaya gara gara takut ga bisa bangun.. Agan yang buat pintar banget deh! Salut ama agan! Thanks banget ya!

    BalasHapus
  4. saya udah 4 kali LD dan itu fantastis gak perlu takut .............

    oya min tolong dong biar durasi LD nya lebih lama gtu gmana cara nya ??? soalnya pas lagi enak2 nya "ahhh gtu deh semua cowok juga tahu... hehehe" ehhh malah kebangun

    BalasHapus
    Balasan
    1. enak2? wkwkwkwk XD
      Kalau mau durasi lebih lama cara umumnya mutar2. Dan pada saat mimpi, konsentrasiin mimpinya supaya gak kebangun.

      Hapus
  5. Cara simplenya gimana sih?
    SEL, 6 AGU 2013 ini emg cocok banget ni, bagi org ya penakut kayak aku :D biar di mimpi bisa lebih berani lagi!!
    Karena ini di alam bawah sadar kita,, jd aku bisa bebas deh ngelakuin yang aku mau!
    Apalgi klo di mimpi biasa aku tu ya sama aja sperti karakter aku, ga berani,,,... Sama hal nya lah dlm khidupan aku,
    Misalnya aku ketemu sama artis yg terkenal bgt, hehehe :D n aku mau banget nyamperin, ngomong scra langsung, n pgen bgt minta no,hpnya,.....tapi ga berani, segan gtu,,,..... :D jd ya gtu deh,, pdahal kan itu cuma mimpi sih,,,, jd ga papa lah...,, tp slalu aja itu semua ga pernah terjadi,, ya krn itu td,,,, maupun di mmpi, atau di dunia nyata aku kan orgnya ga brani, n segan gtu, mlu rsanya,gengsi mnta2 nope, :D
    Jd ga kesampean deh, wlopun di dlm mimpi sklipun,! :D
    So......,,, intinya ne,, emg cocok, bwt org kyk aku.,,,..... Wlopun cuma d mmpi lucid dream , tp gpp lah,, yg pnting bisa happy :) heheeh :D
    By #087869588353

    BalasHapus
  6. Agan, gue takut ini beneran kagak bahaya? Tetep bisa bangun kan? Kalo kalo gak bisa bangun gimana? :D

    BalasHapus
  7. Pengen coba dari lama tapi, karna aku takut banget pas masa sp baca baca artikel kan katany ada suara suara gitu ah jadinya takut nyoba

    BalasHapus
  8. Kenapa ya gan, setiap lucid ga pernah tahan lama trus buram gitu. Oiya waktu masuk dari sleep paralyze itu kan gelap, rasanya kq susah mulai gerakin badan sama mulai visualisasinya.. mhn pencerahannya ya

    BalasHapus
  9. Saya punya teman yang lucid dreamnya berkelanjutan. Bahkan kadang yg terjadi di mimpinya berbekas pada tubuhnya. Dia pernah tidak masuk sekolah seminggu krna katanya dia mengalami lucid dream

    BalasHapus
  10. Aku semalem LD dipeluk sm gebetaaan. Huha seneng bgt tp pas bangun kerasanya anjirrr bener dah cuma LD ternyata hahaha.

    BalasHapus
  11. Gan, saya pernah mengalami suatu kondisi yg kemungkinan besar astral projection. Saya merasa saya melayang dari tubuh saya dan bisa melihat tubuh saya, suasananya pun di kamar saya sendiri. Tapi saya terlalu takut untuk melanjutkannya sehingga saya bersikeras untuk balik dan berhasil bangun. Apa itu beneran astral projection atau lucid dream?

    BalasHapus
  12. Saya pngn nyoba tp takut bgt ,,
    beri solusi donk!!

    BalasHapus
  13. tips buat all smua...
    agar kmu bangun dri SP. telan saja ludahmu... psti kmu langsung bngun....

    BalasHapus
  14. ga usah khawatir sekarang melakukan lucid dream ga ribet.. saya perkenalkan HANDREM alat bantu pengendali mimpi buatan indonesia, dengan teknologi yang di rancang sedemikian rupa untuk memudahkan tersadar di alam mimpi. http://rpemm.blogspot.com/

    BalasHapus
  15. td mlm baru nyoba . tapi wktu masuk sp malah gagal. padahal udah saya tahan dan berusaha fokus . tapi terbangun juga .

    BalasHapus
  16. gan, kemaren tanpa sadar saya Sleep paralize , badan semua gk bisa digeraki terus gk bisa ngomong, saya coba gerakkan kepala malah makin sakit dan tiba tiba diatas saya liat makluk menyeramkan gitu jadi saya pejamkan mata lagi, abis itu saya terasa melayang tapi masih dikamar yg sama tapi perabotan seperti lemari letak kamarmandi kasur saya semuanya beda, jadi disitu saya berpikir ini adalah mimpi jadi saya kembali tidur , ehhh tiba tiba disitu saya mimpi lagi dan terasa nyata, aneh gan saya mimpi.didalam mimpi, apa itu lucid dream?

    BalasHapus
  17. Saya sering seperti itu. Tapi tak selau tidak berkaitan dengan dunia astral. Saya hampir setiap malam dan sering bermimpi ke tempat yang tak saya tau dan benar ada. Saya juga bertemu dengan leluhur saya. Saya pernah di bisiki nama nama dan ternyata mereka ada dan sudah melegenda di suatu tempt. Meski saya tidak tahu. Hal itu yang membuat saya takut setiap malam. Saya pernah melayang keluar dari tubuh saya dan melihat cahaya putih. Dan saya bingung apa itu astral projection

    BalasHapus
  18. Gan, gue lucid dream tapi bisa ngerasain rasa sakit

    BalasHapus
  19. Bener nggak sih kalau lucid dream bisa bersambung. Misalnya, saya mimpi malam ini dimulai dari A-E dan besoknya menyambung sampai seterusnya?

    BalasHapus
  20. Setiap kali mau LD pasti dapetnya AP

    BalasHapus
  21. Cara buat ilangin LD gimana?udah gak kuat karna LD intinya nyakitin ke badan kalo gak rilesk.Dan buat rileksnya itu susah😭

    BalasHapus
  22. Udah bisa LD dari 6 tahun yang lalu tapi belum bisa terbiasa

    BalasHapus