Tes Realita

 Tes Realita

Tes Realita, atau reality check, sangat berguna. Mimpi sadarku yang pertama terwujud karena tes realita ini. 

Tes realita adalah sebuah tes yang dapat meyakinkan kamu apakah kamu sedang bermimpi atau tidak.

Poin dari tes realita ini adalah membiasakan dirimu untuk membedakan mana mimpi dan mana bukan.

Kebiasaan melakukan tes realita akan membangun 'kesadaran' yang lebih kuat dalam dirimu.
*****
Apakah kamu sedang bermimpi sekarang? Pasti kalian akan menjawab tidak. Entah apa alasannya. Padahal, kalian tidak punya bukti kuat dan nyata. Alasan yang biasanya kalian pake :
  • Karena ini jelas
  • Ya aku tau aja
  • Karena, ya, kerasa asli aja lah..
Disinilah kesalahan kamu. Kamu gak punya bukti yang jelas! saat kesadaranmu hilang, kamu tidak bisa pake bukti diatas.
Reality checks ini bakal jadi sangaaaat berguna di lucid dream. Reality checks akan meningkatkan kesadaran dalam dirimu

Manusia  itu pintar. Pintaaaaaaaaaar sekali. saya masih ingat pepatah dari sebuah buku tulis :
You will never know until you try
 Yang berarti:
Kamu gak akan tahu sebelum kamu mencoba.
Kita, manusia, selalu belajar dari pengalaman.Contohnya : karena kamu sudah tahu ada gravitasi di dunia ini, kamu gak pernah nanyain 'dapatkah aku terbang?'. Kau tahu bahwa dinding itu keras dan kamu gak bisa jalan nembus dinding.

Karena itu, kamu jadi lupa untuk menanyakan 'kesadaranmu', yang bahkan trejadi di dunia mimpi. Itulah sebabnya kamu 'bloon' banget di dunia mimpi, Kok bisa sih, kamu engga sadar kamu lagi bermimpi padahal kamu lagi kencan bareng michael jackson, yang sudah tiada?

Makanya, jika kamu sudah terbiasa untuk menanyakan 'kesadaranmu' di dunia bangun. Pastilah kamu akan melakukan hal yang sama di dunia mimpi.

Tes Realita yang Disarankan.
1. Lihat Tanganmu - tanganmu akan terlihat aneh di dunia mimpi. Entah jariinya bertambah, berubah menjadi tangan monster, dll.

2. Tangan Tembus - Coba tembusin tanganmu ke benda yang solid. nembus gak?

3. Tahan Nafasmu - Di lucid dream, jika kamu nahan napas, kamu bakal tetap bernafas, Aneh bukan?

4. Lihat Hidungmu - Tutup satu matamu lalu lihat hidungmu

5. Dimana Kamu? - Tanya dirimu, dimana kamu? Bagaimana cara kamu ke sini?

6. Cubit Dirimu - Jika tidak terasa sakit, atau sakitnya aneh, berarti kamu sedang bermimpi.

7. Dorong lidahmu - dorong lidahmu ke atap mulutmu atau ke gigimu

8. Baca - Baca sesuatu dua kali. Kalau tulisannya berubah, kamu sedang bermimpi.

9. Jam- Pakailah sebuah jam tangan saat kamu bagun, di mimpi, waktu pada jam tidak terlihat karena bagian otak yang seharusnya memproses informasi tersebut sedang tertidur. Di dalam mimpiku, jamku hanya tertutup oleh noda hitam. Tetapi berbagai laporan menyatakan bahwa ada yang melihat angka, jadi sebaiknya lakukan ini 2X

10. Tes realita ala kamu sendiri! - Lebih baik buat saja tes realita-mu sendiri, asal, yang waras yah.

Tips 
  1.  Pengingat
Kamu harus selalu ingat untuk melakukan tes realita di dunia nyata. Mungkin kamu harus melakukan reality check 5 - 20 kali sehari. Tapi, bagaimana caranya untuk selalu ingat untuk melakukan tes realita?

Untuk itu, kamu memperlukan suatu, pengingat. 

Entah jam yang berbunyi setiap jam, setiap kali melewati pintu, setiap kali memegang HP, tapi lebhi baik kau mempunyai pengingat. 

Pengingat adalah sesuatu yang akan mengingatkanmu untuk melakukan tes realita.

Contoh pengingat:
  • Jam yang berbunyi setiap jam
  • Setiap kali kamu melewati...(pintu, tangga, dll)
  • Sticker post-it dengan tanda L di meja komputer
  • Setiap kali HP berbunyi
  • Memberi tanda L di tangan

Sudah! Itu saja! Simpel bukan? Seperti biasa pastinya.
Jangan lupa tinggalkan komentar ya! 

Glossarium:
Mimpi sadar : Lucid Dream
Reality Check : tes realita
You will never know until you try : Kamu gak akan tahu sebelum kamu mencoba.
Telekenesis : Menggerakan sesuatu dengan pikiran.

6 komentar:

  1. kalau waktu bangun, liat tanda L di tangan, artinya mimpi atau bukan?

    BalasHapus
  2. Siang bang, saya kirim email..mohon dibaca.. terima kasih :)

    BalasHapus
  3. Ini termasuk tehnik ADA kan?

    BalasHapus
  4. gan saya waktu kecil pernah sadar "ah inimah palingan mimpi,,bangun ah"
    dan waktu kecil sering banget terjadi kayak gitu,,apa itu termasuk lucid dream?

    BalasHapus
  5. jikalau membuat totem seperti di film inception apakah bisa menjadi salah satu tekhnik reality check ?

    BalasHapus
  6. saya sering mimpi dan sadar saya sedang bermimpi tapi di mimpi saya bertemu dengan org yang sudah meninggal dan setelah bertemu saya seakan ingin mengakhiri mimpi itu dan berusaha untuk bangun,, saya sadar ingin bangun dari mimpi itu tapi tidak bisa, sulit untuk bangun, secara indra saya sudah merasakan saya pada posisi tidur dengan mata ingin terbuka tapi susah terbuka, dalam keadaan itu saya berusaha keras untuk bangun, saya berusaha meronta untuk bangun dengan menggerakkan badan saya, dalam kondisi itu serasa saya sudah bergerak badan saya, tapi ternyata tidak bisa bergerak, saya berusaha mengucapkan doa2, mengagungkan tuhan,,dan setelah selang beberapa saat baru bisa tergerak badan saya,, pada saat berhasil tergerak baru saya bisa kembali bangun dengan sebenarnya di dunia nyata,, ( mohon saran / masukan pada saat kondisi seperti itu bagaimana pendapat kawan2,,)..Admod

    BalasHapus