Mengingat Mimpimu Kembali & Jurnal Mimpi

Mengingat Mimpimu Kembali & Journal Mimpi.

Apa kau tahu cara mengingat mimpimu kembali?

Percaya atau tidak, setiap orang bermimpi setial malam. Hanya saja, nggak semua orang bisa afal mimpi mereka apa tiap malam. Ini terjadi karena mereka nggak biasa dalam mengingat mimpi mereka kembali.

So, bagaimana cara mengingat mimpi kita kembali? Ini langkah-langkahnya:

1.Tidur yang cukup
2. Gunakan jurnal mimpi.
3. Suplemen lucid dream
4. Makan makanan mengandung peningkat lucid dream
5. Wake back to bed (WBTB)
6. Self hypnosis

1.Tidur yang Cukup
Peraturan emas di dalam dunia Lucid Dream adalah: Tidur Yang Cukup.

Jika kamu punya kebiasaan tidur yang buruk, kamu bisa langsung berhenti belajar lucid dream sekarang.

Untuk mendapatkan lucid dream, kamu butuh pikiran yang teristirahatkan. Bahkan, kamu perlu mengalami masa REM (Rapid Eye Movement) dimana lucid dream biasa terjadi.

Ada 5 siklus tidur. Kamu membutuhkan waktu sekitar 8 jam untuk memenuhi seluruh siklus. Tetapi, jumlah waktu tidur yang perlu kamu miliki berbeda dengan orang lain. Untuk lebih jelasnya, lihat tabel dibawah:

Umur
Jam
Siklus Tidur
Bayi baru lahir
Diatas 18
12
1-12 bulan
14-18
9-12
1-3 tahun
12-15
8-10
3-5 tahun
11-13
7-8
5-12 tahun
9-11
6-7
Remaja
9-10
6
Orang dewasa
7-8
4-5
Ibu hamil
8+
5+
 Dikutip dari world-of-lucid-dreaming.com (dengan perubahan).

2. Gunakan Jurnal Mimpi.


Cari sebuah buku biasa untuk dijadikan jurnal mimpi. Menggunakan barang elektronik (seperti hp, laptop) sangat tidak disarankan. Karena dapat menimbulkan terlalu banyak gangguan (seperti cek email atau fb).


Letakkan buku-mu dan sebuah pulpen dibalik bantalmu. Saat kamu bangun tidur, tetap diam! Lalu ambil jurnal mimpimu dan tuliskan mimpimu dari awal ke akhir.

Hal yang perlu diperhatikan:
1. Fokus
Bangun tidur, lalu tulis! Jangan pergi ke toilet dulu, atau cek hp dulu. Kenapa? karena, mimpi kita sangat mudah hilang, makanya, pas bangun langsung di-isi.

2. Judul dan Simbol
Beri judul yang sesuai. Jangan terlalu aneh, dan jangan terlalu panjang. lalu beri simbol L disebelahnya jika mimpi yang kamu alami adalah lucid Dream. Tapi, beri lambang L dicoret jika mimpi yang kamu alami bukan lucid dream.

3. Ciri-Ciri mimpi
Kasih garis bawah pada hal hal aneh di mimpimu. Bisa apa aja loh! Tempat, orang, hiasan di dinding, siapa yang menjual daging di pasar, dan banyak lagi. ini contohnya:

Aku sedang berjalan mengelilingi rumah seram ini, lalu aku sadar sebuah kodok menghampiriku dan menciumku. aku berubah menjadi kodok lalu aku melihat bahwa kodok itu sedang marah-marah.
4. Sketsa Mimpi
Beri ilustrasi mengenai seperti apa mimpimu. beri saja ilustrasi di bagian bagian yang kamu ingat. Gambarnya ga perlu bagus kok! yang pernting kamu bisa inget lagi kamu dimana.

5. Arti Mimpi
Bagian yang aku suka. Setelah menemukan semua ciri-ciri mimpi, buat daftarnya, lalu beri tanda sama dengan di sebelahnya. Isilah hal hal yang menurutmu mencirikan ciri-ciri mimpimu. contoh:

Rumah seram = rumah di resident evil 6
Kodok menghampiriku = princess and the frog
Kodok sedang marah-marah = Teman baikku sedang marah terhadapku
Lakukan ini setiap hari! Kau akan terkejut dnegan hasilnya!
Jangan lupa tinggalkan komen!

3. Suplemen Lucid Dream

Ada juga loh, suplemen pembantu lucid dream. PEMBANTU. Inget yah, P-E-M-B-A-N-T-U. Karena, banyaaaak orang yang salah persepsi. Mereka kira suplemen ini bisa bikin mereka dapet lucid dream langsung. Tidak ada yang namanya lucid dream instan. Kamu harus bekerja keras. dan suplemen inilah pembantunya.

Apa yang mereka buat? Mereka akan meningkatkan kemampuan mengingat mimpimu kembali, juga menaikan tingkat kesadaranmu, dan membuat mimpimu menjadi lebih jernih.




4. Makan Makanan Mengandung Peningkat Lucid Dream
Beberapa orang memilih makanan yang gampang dibeli daripada obat - obatan yang dijual online. Tetapi, apakah kalian tahu makanan mana yang mengandung peningkat lucid dream? 
 

5. Wake Back To Bed (WBTB)

Teknik WBTB ini adalah teknik emas bagiku. Kenapa enggak? Dengan teknik ini, kamu bisa inget banyak mimpi sekaligus. WBTB adalah teknik ekstensi dalam induksi lucid dreaming. WBTB tidak termasuk dalam teknik lucid dreaming, tetapi WBTB adalah tambahan untuk belajar lucid dreaming.

Wake Back To Bed adalah teknik yang dilakukan dengan cara bangun pada tengah malam, lalu kembali tidur.

Metode ini sangat cocok buat pemula, apalagi yang lagi belajar cara mengingat mimpimu kembali. Karena, mimpi yang kamu ingat sangaaaaat jelas. Makanya, kamu bukan pro kalo belom nyobain teknik WBTB


6. Self Hypnosis

Belajar teknik self hypnosis, lalu tanamkan kalimat kalimat ini di dalam diri anda: "Saya akan mengingat mimpi saya. Mengingat mimpi adalah hal yang penting. Saya harus mengingat mimpi saya. " dan sejenisnya.


TIPS: 
1.  Saat bangun, jangan bergerak! Usahakan untuk tetap tidur dan tidak bergerak sedikitpun. Lalu, ingat-ingat mimpimu sampai kamu bisa mengingat mimpimu secara keseluruhan. Untuk mendapatkan alarm yang bisa mati sendiri (android) cek post Dream Exit Induced Lucid Dream

2. Biasanya kamu akan ingat mimpimu di adegan paling akhir. Coba ingat mimpimu, dari akhir ke awal. Setelah kamu bisa mengingatnya, coba ingat lagi dari awal ke akhir. Jika sudah, baru tulis di journal mimpi 




Glossarium:
Lucid dream : Mimpi sadar
REM : Rapid Eye Movement
Rapid Eye Movement : Terjadinya pergerakan mata

28 komentar:

  1. Seperti kutipan dari artikel,

    "setiap orang bermimpi setiap malam"

    Kasusnya sama, saya sering tidak bisa sama sekali mengingat mimpi saya sewaktu terjaga dari tidur. Jadi saya bingung mau menulis apa di Dream Jurnal.
    Mungkin sedikit tips dari Anda bisa membantu...

    Trim's

    BalasHapus
  2. banyak cara. cobain suplemen mimpi (galantamind), makan makanan yang ada banyak vitamin mimpi (pisang), teknik WBTB, bangun 10-20 menit lebih awal, self hypnosis (bilang aku akan ingat mimpiku, dan sejenisnya), ...

    BalasHapus
  3. wake back to bed. klik tombol search aja, karena biasanya semua topik yang aku singgung udah ada artikelnya

    BalasHapus
  4. Gan yg paling2 utama dilakukan itu apa? saya baru mau belajar nih.. apa yg harus saya lakukan terlebih dahulu dari sekian artikel diatas??

    BalasHapus
  5. Hmm.. Kalo aku sih yang bisa dan sempat dulu aja. Karena emang ga ada urutannya. Share ya gan!

    BalasHapus
  6. gan ane mau nnya...
    ane biasa tdur jam 2 malem, truss biasa bangun setelah 9-10 jam tdur...

    nahh klo gnii waktu REM ny biasanya kapan yaa gan???
    emang sii tiap orng itu beda"...
    yaa prediksi agan ajh deh wkwk...

    BalasHapus
  7. Hmm.. REM sih BIASANYA jalan setelah 4 jaman tidur.. Kamu cobaan aja sendiri! Biar lebih akurat! Kamu tidur kyk biasa, terus bikin alarm setiap 1 jam, setelah 2 jam tidur. Tapi pas bangun usahanya g banyak gerak, usahain geriknya dikit aja.. Cari alarm yg bisa mati sendiri. Kalo kamu mimpi, berarti udah REM

    BalasHapus
  8. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  9. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  10. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  11. 5. Arti Mimpi
    Bagian yang aku suka. Setelah menemukan semua ciri-ciri mimpi, buat daftarnya, lalu beri tanda sama dengan di sebelahnya. Isilah hal hal yang menurutmu mencirikan ciri-ciri mimpimu. contoh:

    Rumah seram = rumah di resident evil 6
    Kodok menghampiriku = princess and the frog
    Kodok sedang marah-marah = Teman baikku sedang marah terhadapku

    masih gak ngerti yang ini gan,, diartikan itu maksudnya diapakan,, disamakan dengan hal2/film/iklan yang kita suka ,, atau di artikan jadi kata2 mutiara ???

    BalasHapus
  12. Gan kalo waktu bangun udah lupa semua mimpinya gimana?

    BalasHapus
  13. gan, ane pemula tapi kayaknya ane cocok sama DEILD...
    boleh langsung DEILD?

    BalasHapus
  14. Saya ingin bertanya, kalau katanya setelah bangun kan usahakan jangan bergerak, nah masalah yang pencatatan jurnal mimpi itu bagaimana??

    BalasHapus
  15. ^ M.Ridwan H.D.P setelah bangun dari tidur usahakan jangan bergerak, ingatkan mimpi yang barusan terjadi (tadi) dari awal hingga akhir, lalu tuliskan atau catat mimpimu (Dream Journal) di sebuah buku

    BalasHapus
  16. Kalau ane ... Nginget mimpi bisa cuman dapetin lucid nya itu yg susah karena saya selalu jadi spectactor/penonton saja di mimpi saya sendiri ><

    BalasHapus
  17. Tehnik lucid paling gampang apa gan?

    BalasHapus
  18. semuanya itu gada yg gampang

    BalasHapus
  19. Selama ini sih gue selalu inget mimpi gue lengkap. Kadang bisa baca di dlm mimpi malah. tapi selama ini pengendalian mimpi itu sendiri ga pernah pake sleep paralysis dulu atau apapun. Cuma tidur, terus kejadian. tiap malem bisa dilakuin, kecuali pas capek berat. Kadang mimpinya mengacu ke masa depan (abis mimpi besokannya kejadian). Agak serem dan seru

    BalasHapus
  20. Agan sendiri sudah pernah mengalami lucid dream blum?
    Trus apa mimpi nya. Share dong...!!!

    BalasHapus
  21. Gann katanya mimpi bakalan ilang dengan sendirinya kan kalo tidak segara dicatat di journal mimpi, nah saya kebalikannya, maksudnya gini, kalo saya tidak mencatat mimpi tersebut, saya selalu masih mengingatnya sampe saya benar2 menulisnya dijournal mimpi saya, meskipun itu mimpi udah dua hari berlalu dan digantikan oleh mimpi lain.-. Dan mimpi saya akhir2 ini selalu melibatkan orang2 disekitar saya dan juga berhubungan dengan fenomena alam gitu gan.-.

    BalasHapus
  22. Saya mimpi gebetan saya menjadi guru tk baru" ini, Dia juga banyak disenangi murid"nya. Tapi dia pernah upload video dia yg sedang stres gara" patah hati. Ada yang bisa bantu?

    BalasHapus
  23. Min kalau misalnya pas mau masuk SP. Kita kan rileks. Pas rileks badan kita lurus arah boleh menyamping. Soalnya gue kalau tidur itu kaki ga bisa lurus pengen rasanya di tekuk atau tidur menyamping. Kalau gitu bisa nggak?. Gue juga pernah nyoba SP tapi kok gue nggak ngerasain yang orang bilang tindihan gitu? Padahal gue udh bener bener rileks dan ga gerak sama sekali. Kan lama lama pegel

    BalasHapus
    Balasan
    1. SP itu terjadi jika anda tidur secara terlentang dan rileks. Kalo tidur menyamping gk bakal bisa(terbukti).

      Hapus
  24. saya tertarik nyari artikel ini setelah nonton anime " kimi no nawa " , apakah bisa bertukar tubuh disaat kita tidur?

    BalasHapus
  25. Chat saya di Wa bro biar saya bisa bertanya. 081228801274

    BalasHapus