Wake Back To Bed (WBTB)

Wake Back To Bed (WBTB)

Teknik WBTB ini adalah teknik emas bagiku. Kenapa enggak? Dengan teknik ini, kamu bisa inget banyak mimpi sekaligus. WBTB adalah teknik ekstensi dalam induksi lucid dreaming. WBTB tidak termasuk dalam teknik lucid dreaming, tetapi WBTB adalah tambahan untuk belajar lucid dreaming.

Wake Back To Bed adalah teknik yang dilakukan dengan cara bangun pada tengah malam, lalu kembali tidur.

Metode ini sangat cocok buat pemula, apalagi yang lagi belajar cara mengingat mimpimu kembali. Karena, mimpi yang kamu ingat sangaaaaat jelas. Makanya, kamu bukan pro kalo belom nyobain teknik WBTB

WBTB gk termasuk teknik induksi lucid dreaming nih gan ??? -- True Blue ID
Enggak. Karena WBTB adalah ekstensi (atau bantuan) dalam induksi lucid dreaming. Misalnya, kamu bisa memilih teknik WILD, kamu bisa menggunakan WILD + WBTB! (dikenal sebagai DEILD)


Wake back to bed punya arti "bangun dan kembali tidur". Kenapa ya?

Teknik WBTB ini ada 3 langkah:

1. Tidur 
2. Bangun
3. Kembali tidur


Sudah tau kenapa namanya wake back to bed?

1. Tidur

Tidurlah seperti biasa. Usahakan untuk memiliki 8 jam tidur. Misal: kalo kamu bangun jam 5, berarti jam 9 harus udah tidur. Jika susah tidur, gunakan musik yang dapat membantu anda rileks.

2. Bangun

Setelah tidur 6 jam penuh (atau kurangi 2 jam sebelum kamu bangun). Bangunkan dirimu (pakai alarm mungkin), dan satu hal yang HARUS kau lakukan adalah melakukan tes realita. Suatu malam pernah aku bangun. Aku keluar dari tempat tidur, dan memikirkan hal yang ingin aku lakukan. Aku berkedip, dan mendadak aku sedang melihat atap-ku.

Saat itu aku mengalami false awakening (mimpi terbangun alias mimpinya bikin kita merasa udah bangun). Makanya harus langsung tes realita.

Jika selama 6 jam tidur tadi kamu ingat kamu bermimpi apa, buru buru tulis mimpimu.

Lalu kamu HARUS keluar dari tempat tidur, dan lakukan hal apapun yang akan membuat otakmu aktif. Membuat otak tetap aktif bukan berarti kamu harus push up 50 kali atau menghitung berapa banyak sapi di gambar. Hal yang aku lakukan biasanya : 
  • kencing
  • Tulis mimpiku sebelumnya
  • Belajar
  • Nonton
  • Mendengarkan lagu (apalagi lagu lucid dreaming) 
  • Dll.

Coba kamu lakukan ini selama 10-30 menit. 

3. Kembali Tidur.

Kembali tidur. Setelah terbangun selama 30 menit. Coba tidur lagi. Kaboom! Saat kamu bangun mimpimu akan menjadi semulus pantat bayi.

*****

Cara kerja WBTB?

Jika kamu terus melakukan teknik WBTB.. 
Maka akan ada dua pengaruh yang kamu rasakan


1. Kesadaran meningkat

Setiap jam 4 kamu bangun dan kamu pun mengundang kesadaran untuk datang, juga melakukan tes realita. Saat kamu berhenti menggunakan teknik ini. Tubuhmu akan menyimpan pengaturan 'jam 4 kamu akan sadar dan melakukan tes realita'. Alhasil, di mimpi, saat jam 4, tingkat kesadaranmu.. akan meningkat

2. Mimpi makin tajam

Saat kamu kembali tidur, kamu akan langsung memasuki masa REM (Rapid Eye Movement). Lalu bangun 1 jam setengah kemudian.

Aku sering melakukan teknik WBTB belakangan ini. Malam lalu saja, saya terbangun dua kali tanpa sengaja, dan akhirnya mimpi saya ada 3 dalam satu malam. Semakin lama kamu terjaga semakin baik.

FAQ:
 
A : Aku tidur ga bisa 8 jam? Gimana dong?


Q : Tidur saja seperti biasa, lalu bangun 2 jam lebih awal. Kamu juga gak perlu ngabisin 30 menit penuh! Walau lebih baik 30 menit.

A : Aku sekali bangun ga bisa tidur lagi. Caranya gimana?

Q : Dengerin lagu yang bisa bikin rileks (lagu pembangkit fase setengah tidur mingkin), dan tetap diam! Jangan bergerak! Agar otakmu berpikir bahwa kamu sedang tertidur.

A : Aku udah coba bangun tengah malam, tapi justru aku ga inget aku mimpi apa. Kok bisa sih?

Q : Mungkin kamu bangun di waktu yang salah. Coba cek lagi! Usahakan bangun 2 jam sebelum bangun beneran. Kalo masih belom bisa. Coba diatur-atur. Coba bangun 3 jam sebelumnya.

A : Aku tidur bisa kebangun-bangun terus tengah malam. Kali gitu bakal keganggu gak?

Q : Enggak juga. Justru mungkin aja kamu inget buaanyaaak mimpi sekaligus. Lagipula kamu gak boleh lupain poin dari teknik WBTB. 

Glosarium:
WBTB : wake back to bed
Wake back to bed : bangun kembali tidur
False awakening : mimpi terbangun
Mimpi terbangun : kamu merasa sudah terbangun, padahal mimpi. 
Tes realita : reality check
REM : Rapid Eye Movement
Rapid Eye Movement : keadaan mata bergerak - gerak (biasa mimpi terjadi di sini). 

19 komentar:

  1. kalau kita ngelakuin artikel diatas langsung masuk kedalem lucid Dream gak?

    BalasHapus
  2. tergantung orangnya. WBTB, apalagi digabung sama WILD, bakal ngasihin kesempatan mendapatkan lucid dream lebih tinggi..

    BalasHapus
  3. Sorry gan, mo info aja. itu keknya kebalik deh antara A = Answer ma Q = Question -nya.

    BalasHapus
  4. Kalau Kita melakukan wbtb tanpa wild bisa kgak yaaaa???

    BalasHapus
  5. Bisa. Tujuan WBTB itu supaya mimpi kita makin jelas. Jadi WBTB + WILD = lucid dream yang jelas dong!

    BalasHapus
  6. @_@ masih bingung ane gan..
    Gini aja deh, ane mo nanya, ane 16 tahun, trus kalo ane tidurnya jam 21.30, jam berapa ane hrus bangun? sama jam berapa ane harus tidur lg??

    Plis bantuin ya gan, ane kepengen bgt nyobain LD :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. gini aja gan, bangun 2 jam lebih awal daripada agan biasa bangun. bangun dari tempat tidur, lalu tidur lagi (udah jangan tanya kenapa! :DD).

      lama lama siklus agan bakal berubah dan nanti bisa bangun 2 jam sebelum bangun otomatis sendiri, dan alhsail mimpinya lebih jernih jugha!

      Hapus
    2. ngg... Gini bkn gan, ane kan biasanya karna sekolah, suka bangun jam 5. Berarti buat WBTB, ane hrusnya bangun jam 3, trus tidur lg.

      Bner gk gan?

      Hapus
  7. false awaking, kmarin saya sedang mimpi dan di mimpi itu diriku sedang adu mulut dengan diriku yg lain. diriku yang lain bilang kalo ini sedang mimpi tp diriku sndiri bilang kalo ini nyata. dan tiba2 saya kebangun. mimpi

    untuk bisa lebih sadar gmn ya gan??
    pengen ngerasain lucid dream

    BalasHapus
  8. kalo aku tidur biasanya tanpa mimpi gimana dong?
    biasanya cuma ngerasain item doang...
    minta link buat pemula yang mau belajar lucid dong

    BalasHapus
  9. Wah kasian bgt luh gan..? Gw aja selalu mimpi.. Cuman jarang sadar kalau itu mimpi.
    Min gw mau nanya gw sering ngelakuin tahap Predormital Sleep Paralysis,tapi gw kok gk dapat" LDnya ya min dan juga gw sering gunain tahap WBTB WILD tapi udah hampir 1 bulan belum dapat juga, cuman memang mimpinya jelas bgt, tapi (╥_╥) gw gk pernah sadar kalau itu mimpi min gimana tuh min tipsnya dong :D

    BalasHapus
  10. Gan , katanya kan nggak usah bergerak dulu , ntar matiin alarmnya gimana ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pake Telekinesis , Gerakin alarmnya sampe jatuh dari meja
      Entar mati sendiri

      Hapus
    2. Ya bikin alarm yang bisa mati sendiri habis bunyi

      Hapus
  11. Kak tdi malem aku udah bisa ke tahap sleep paralysis trus aku pejamkan mataku trus bayangin nya bingung laku aku bayangin pantai trus aku ditarik ke sebuah lobang pas uda dipantai aku teleport2 ga jelas trus aku langsung bangun

    BalasHapus
  12. Gan, metode ini bisa sekali jadi gak?

    BalasHapus
  13. kalo pas bangun tengah malam (setelah beberapa jam yg ditentuin) trus ga mimpi gmn?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukannya tidak bermimpi, melainkan kamu kamu telah lupa mimpi semalam

      Hapus
  14. Mempelajari metode DILD berapa lama sih untuk mendapatkan lucid dream pertama?

    BalasHapus