Dream Exit Induced Lucid Dream (DEILD)

Dream Exit Induced Lucid Dream (DEILD)

Dream exit induced lucid dream (DEILD) atau mimpi sadar akibat keluar dari mimpi, adalah teknik WILD yang telah dikembangkan lebih lanjut.

Trik ini sangat berguna untuk orang orang yang telah mendalami lucid dream cukup lama, tetapi jarang mendapat lucid dream. Trik ini juga sering datang secara natural jika anda sering terbangun tengah malam.

*****

Cara Kerja : 

Garis Besar DEILD : kamu harus bangun tengah malam, tetapi otak kamu tidak sepenuhnya terjaga/aktif. Kedengeran kayak bahasa alien, tapi memang begitu.

Tujuan dari teknik ini adalah untuk membangunkan kamu tengah malam, saat kamu sedang dalam masa REM, tetapi otak kamu tidak sepenuhnya aktif, lalu kembali tidur dan langsung masuk ke dalam fase REM.

Modal yang kamu perlu hanyalah cara mengingat mimpi yang bagus.

Ada 4 langkah dalam melakukan DEILD:

1. Tidur 
2. Keluar dari mimpi
3. Jangan bergerak

4. Tidur


1. Tidur
Tidurlah seperti biasa. Usahakan untuk mendapatkan minimal 6 jam waktu tidur. Tips: jika tidak bisa tidur, coba pasang musik-musik tidur (seperti musik musik ini).

2. Keluar Dari Mimpi
Setelah kamu mendapatkan cukup tidur, bangun dari tidurmu! tetapi..

3. Jangan bergerak 
Setelah kamu bangun, jangan bergerak! 
Memang susah. Saya tidak menyarankan anda untuk memakai alarm karena anda harus bergerak untuk mematikan alarm tersebut. Tetapi jika anda punya semacam alarm spesial yang bisa mati dalam beberapa detik, kamu bisa pakai itu! Pokoknya, kamu harus cari suatu cara untuk bangun tengah malam dan tidak bergerak sedikit pun.

Tetapi untuk beberapa orang (seperti saya), bunyi alarm sudah tubuh kita satukan dengan arti "Ayo bangun dan segera siap siap untuk sekolah/bekerja!!" Jika sudah seperti ini, saat kamu dibangunkan alarm, otak kamu akan segera disadarkan 100% oleh tubuhmu. 

Oke deh, sebenernya, kamu boleh kok gerak. Cuma, semakin banyak gerakan, semakin otakmu menjadi aktif. Jika otakmu sudah sangat aktif, kamu tidak bisa masuk ke dalam fase REM secepat itu.

4. Tidur  
Nah sekarang kamu harus tidur lagi! Tapi kamu harus selalu jaga otak kamu dan jangan lengah. Jangan biarkan otak kamu tertidur. Jangan sampe kamu menghilang kedalam pikiran pikiran kamu. Tidurlah tetapi tetap sadar! (bagian ini adalah teknik WILD).

Setelah beberapa saat kamu akan mengalami sleep paralysis. Sleep paralysis adalah tanda bahwa kamu sudah akan memasuki dunia mimpi. Tidak akan berlangsung lama kok! cuma sebentar. Bisa dari 5 detik sampai 2 menit. Biasanya hal yang terasa adalah : 
  • sakit di bagian tubuh tertentu
  • merasa tertindih
  • merasa dijambak
  • mendengar sesuatu
  • melihat sesuatu   (mirip halusinasi)
Karena itu, hal yang kamu harus fokusk untuk rileks! Jangan lawan sleep paralysisnya (jangan dilawan). Pikirkan tempat tujuan lucid dream selanjutnya kamu!

41 komentar:

  1. Mas Bro ane pengen nyoba tehnik DEILD-nya dengan bantuan aplikasi android tapi ga tau ni download APK "smart alarm clock" yang gratis sekalian dong di kasih linknya

    BalasHapus
  2. Guys, Sorry namanya bukan smart alarm clock tapi alarm clock plus. Aku belum bisa edit, lagi sibuk. Alarm clock plus gratis kok..

    BalasHapus
    Balasan
    1. http://www.apkmania.co/2012/11/alarm-clock-plus-full-v52-apk.html

      Hapus
  3. pernah samapai tidur dan merasa tindihan, dan itu pertama dan seklai yg baru saya rasakan.. bagaimana cara mencapai seperti itu lagi ya?. jujur itu terjadi waktu saya sedang sakit dan anehnya saya malah berdoa karena ketakutan apakah saya sedang sekarat atau tidak. setelah itu saya pejamkan mata dan 100 persen tersadar dari mimpi alias wake up. :(. maklum newbe tanpa pengetahuan jadi gagap. by yutha shuta

    BalasHapus
  4. hehehe. Aku juga lagi mau bikin artikel tentang itu. Itu namanya sleep paralysis, kadang diibaratkan sebagai fase transisi antara bangun sama tidur.

    Jadi gini loh, supaya tubuh kita enggak ngelakuin gerakan di dalem mimpi, si otak mutusin hubungan antara otak dan tubuh, jadi kamu g bisa gerakin tubuh kamu.

    Loh, kalo gitu, kenapa waktu tidur di jam jam lain g kyk gitu? Sebenernya kamu SELALU dapet sleep paralysis. Kalo enggak kamu bakal ngelakuin apa yang kamu lakuin di dalem mimpi. Masalahnya, biasanya otak kamu udah tidur duluan, baru dapet SP

    nah, waktu kamu sakit, entah bagaimana kamu bisa bikin otak kamu tetep aktif.

    BalasHapus
  5. Hahk, otak tidur? Bisa tidur ya otak ?

    BalasHapus
  6. gan ane mau nnya...
    kita bangun kan pas mimpi itu trjadi
    nah truss pass kita berusaha tdur lgi, kita harus visualisasiin mimpi yg terputus tdi, apa gmna gan???

    BalasHapus
  7. Gak perlu sih gan.. Cuma liat bih baik kalo visualisasinya ke tempat yang kita tahu jelas.. Mimpi sebelumnya karena kita tahu juga las tempatnya dan itu situasi mimpi kita.. Seharusnya awareness kita bermain disini..

    BalasHapus
  8. Gak perlu sih gan.. Cuma liat bih baik kalo visualisasinya ke tempat yang kita tahu jelas.. Mimpi sebelumnya karena kita tahu juga las tempatnya dan itu situasi mimpi kita.. Seharusnya awareness kita bermain disini..

    BalasHapus
  9. maksud ny gmna yaa gan???
    ane kurang ngerti nih :cd

    BalasHapus
  10. Aku mw nnya neh...
    Apakah dengan lucid dream kita bIsa MASUK KE MIMPI ORANG?
    Dn ORANG ITU JUGA IKUT MEMIMPIKAN KITA?
    .
    Please jawab ya...

    BalasHapus
  11. Sorry gan.. Ga bisa.

    Itu dia masalahnya.. Di Indonesia, lucid Dream selalu dikaitkan dengan hal hal mistis.

    Di negara yg pintar seperti amerika dll, mereka tau lucid Dream hanyalah mimpi, dan tidak ada mistis atau ke gaib-an sedikit pun.

    Kita harus memajukan pengetahuan bangsa indonesia. Mereka sering bilang pas mau tidur, badannya gak bisa gerak, dan itu karena ada hantu yang menyiksa mereka, padahal sebenarnya itu akibat sleep paralysis (cek blog).

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lucid dream itu terjadi sehabis tahap SP kan?.... nah abis tahab SP itu kita kyk gmn.... tiba2 bangun dan bisa gerakin badan atau gmn?? Trims

      Hapus
  12. Thank jawaban ny gan...
    .
    Iy aku juga benci smaa hal2 yg brbau mistis kyak gtu...
    Sbab saya bnyak mendapat jwaban yg berbeda beda dri stiap artikel, ad yg bilang bisa, dn ad yg bilang gx bisa...
    .
    Thank ya jwaban ny...

    BalasHapus
  13. jadi pada saat kita "tindihan" atau "sleep paralysis" itu ga boleh bangun ya gan? harus dibiarin meskipun harus sedikit tersiksa (biasanya saya sesak nafas) ?

    BalasHapus
  14. Kalo mau lucid dream, pasrah aja! Kalo dilawan takutnya malah halusinasi. Tapi bukan ditahan juga. Pasrah. Biarin aja. Jangan "diredam" siksaannya tapi pasrah aja. Jangan shock (walaupun sesak napas pasti bikin shock). Pasrah aja. Bayangin tempat yang indah kayak pantai

    BalasHapus
  15. Kalo mau lucid dream, pasrah aja! Kalo dilawan takutnya malah halusinasi. Tapi bukan ditahan juga. Pasrah. Biarin aja. Jangan "diredam" siksaannya tapi pasrah aja. Jangan shock (walaupun sesak napas pasti bikin shock). Pasrah aja. Bayangin tempat yang indah kayak pantai

    BalasHapus
    Balasan
    1. loh? jangan dilawan yaa? malah saya lawan (gerakin tangan) biar ketaun udah masuk LD apa belum. tapi akhirnya malah halusinasi, saya ngerasa bingung karena tangan udah bisa digerakin dan scene nya kamar saya. saya takut kalo ini bukan mimpi tapi kenyataan dan ntar bisa jalan keluar kamar lagi. jadi kalo udah tahap SP, kita tau udah sampai LD cirinya gimana?

      Hapus
    2. belajar awareness. tanyakan pd diri sendiri ini mimpi bukan? tanyakan diri sendiri seblm sampe disini, darimana. harusny langsung sadar itu mimpi

      Hapus
  16. Numpang curhat nih gan, gw juga pas sleep paralysis bawaannya malah berontak terus..

    BalasHapus
  17. saya udah sampe tahap sleep paralysis , tapi bawaanya takut, soalnya saya denger suara2 aneh, malah parno sendiri

    BalasHapus
    Balasan
    1. awas kalo takut bisa halusinasi!
      rileks aja, anggap aja itu kayak roller coaster..
      rileks, jangan takut dan bayangin 1 tempat

      Hapus
    2. loh? jangan dilawan yaa? malah saya lawan (gerakin tangan) biar ketaun udah masuk LD apa belum. tapi akhirnya malah halusinasi, saya ngerasa bingung karena tangan udah bisa digerakin dan scene nya kamar saya. saya takut kalo ini bukan mimpi tapi kenyataan dan ntar bisa jalan keluar kamar lagi. jadi kalo udah tahap SP, kita tau udah sampai LD cirinya gimana?

      Hapus
  18. kalo misalnya waktu sleep paralysis itu kita bayangin 1 tempat trus bisa ke tempat lannya ga?misalny a dari paris terus ke inggris gtu?hehe

    BalasHapus
  19. Saya hampir setiap hari gan amppe tahap SP,tpi y gitu,selalu gagal gara2 ada suara2 yg serem-__-.mau share pengalaman nih,bagi agan2 yang mau langsung ke tahap SP,disarankan tidur di tempat yg sunyi dan menakutkan,gelap.jamin deh cepet ke tahap sP.sya udh byk ngalamin soalnya.blh dicoba^^

    BalasHapus
  20. ane pernah iseng mau nyoba LD ini gan, dan ane iseng buka forum sebelah yang ngebahas tentang ini. nah aneh nya ane ga sengaja baca cara DEILD ini. nah jadi gini nih, pas beres baca postingan itu ane langsung tidur tapi tiba2 kebangun di tengah2 mimpi. dan secara GA SADAR ane bilang dalem hati apa yang barusan ane mimpiin gan, terus ane coba buat tidur lagi dan....

    BOOM! ane masuk mimpi yang aneh. yang dimana ane bisa loncat tanpa gravitasi alias terbang di kamar ane sendiri. terus di kamar ane ada kaca yah. ane coba liat kaca, dan pas ane liat kaca ane kaget karena gaada bayangan ane di kaca! karena takut ane bilang "ini mimpi apaan? ane pingin bangun aja" dan seketika itu ane langsung bangun lagi dari mimpi dan ane sampai sekarang masih inget secara detail tentang mimpi itu. apa itu bisa di sebut Lucid Dream gan?
    please jawab ya, jujur penasaran banget sama yg beginian. trims!

    BalasHapus
  21. assalamualaikum semuanya
    bagi ane udah ga asing lagi LD , ane bisa diblang dream bender natural , ane sering dapet dari kelas 3 smp sampe kelas 2 sma (sekarang udah mau kuliah). waktu SD ane ampir tiap hari dapet SP. waktu SD boro2 tau SP yang ane tau digencet jin. dari waktu ke waktu ane jadi kaskuser (id :gufron2). naahh ade nemu forum LD experience , semenjak itu ane tau bahwa yang sering ane alamin adalah SP dan tau bahwa ane adalah dream bender natural. sejak saat itu ane ampir tiap hari WILD tanpa bantuan apapun dan seingin ane dapet LD. semenjak masuk kelas 3 sampe sekarang ane belum pernah dapet LD lagi , bhkan SP pun ngga , LD pun ane ampir lupa . Dam sampe sekarang ane ingin LD tapi ga dapet2. gimana cara ane dapet LD lagi yaa ? ane ngedadak ga bisa/blank tentang LD

    thanks ^_^
    _gufron

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama dong. Ane juga sering LD sebelun mengetahui bahwa itu namanya LD.

      Hapus
  22. Saya kok gapernah ngrasain SP gitu ya? Klo denger suara sih biasa nya cuma kaya obrolan atau musik gitu, tapi blm mimpi. Trs pas dibangunin (dgn cara dipanggil) suaranya ilang --". Trs juga ga prnh ngrasa dijambak sampe segitunya, malah kaya cuma dielus. Tapi setelah saya baca artikel artikel tntg lucid dream, mnurut saya saya udh rajin ngalamin itu dari kecil. Makanya masa kecil saya jadi susah dibedain. Jadi suka tanya ortu prnh ga sih kita ke sini begini begitu blablabla. Trs kadang jawabannya enggak. Berarti kan itu mimpi. Trs itu bnr lucid apa nggak ya? ~SFZ

    BalasHapus
  23. Saya pas duduk di kelas 6SD hampir setiap hari dan setiap saya SP itu pasti saat posisi tidur saya terlentang dengan kaki terbuka lebar dan pasti tidurnya di atas jam 9 - 10

    BalasHapus
  24. mohon dibales, pernah nih, jadi saat tidur, gelap semua gitu, tapi serasa muter muter mau jatuh, ane langsung kebangun saking paniknya, itu termasuk lucid dream bukan ya?

    BalasHapus
  25. Saya sering ngalami sleep paralysis hampir setiap hari malah, apa itu sama ama yang dimaksud sleep paralysis disini gan?

    BalasHapus
  26. saya dulu sering banget, dari kecil TK sampe kuliah tp belom pernah tembus ke lucid dream soalnya panik duluan,,
    sekarang saya udah mulai ngerti apa itu, tp sekarang saya udah susah banget SP setiap mau nyoba apa kemampuan saya sudah hilang ya

    BalasHapus
  27. kalau tertidur di fase sp gimana gan?

    BalasHapus
  28. Kak mau tanya juga. Aku uda sering bgt mau coba lucid dream tp gagal mulu. Progress paling tinggi cuma di fase dimana semuanya gelap. Trus muncul suara burung. Pokoknyankek nyata bgt. Tp selama 1 jam an ga masuk2 ke mimpi. Itu kenapa yah

    BalasHapus
  29. aku sering banget ketindihan tapi... setelah itu gak mimpi apa" atau malah lupa sama lucid dream yang pernah kualami

    BalasHapus
  30. aku sering banget ketindihan tapi... setelah itu gak mimpi apa" atau malah lupa sama lucid dream yang pernah kualami

    BalasHapus
  31. Aku pengen banget LD, tapi takut di bagian sleep paralysisnya T.T
    Serem nggak sih pas masuk ke fase sleep paralysis?

    BalasHapus