Mnemonik Induksi Lucid Dream (MILD)

 Mnemonik Induksi Lucid Dream (MILD)

Mnemonik Induksi Lucid Dream, adalah satu dari banyak cara untuk mendapat Mimpi sadar atau lucid dream untuk pemula. Metode ini dibuat oleh Dr Stephen LaBerge.

Teknik MILD ini melatih kesadaran otakmu. membuat kesadaranmu sadar bahwa kau sedang bermimpi.

Teknik MILD juga dapat memprogram pikiran kamu sehingga kamu bisa mendapat lucid dream.

Teknik ini sangat di-rekomendasikan kepada pemula! karena teknik ini akan membawamu untuk mengenal dunia lucid dreaming lebih lagi, bahkan teknik ini juga akan mengenalkan teknik teknik induksi lucid dreaming lainnya!

MILD ini dapat dilakukan dengan 4 langkah yang super extra simpel.

4 Langkah MILD

Langkah 1. Mengingat Mimpimu Kembali

Mengingat mimpimu kembali sudah jelas artinya. Artinya, kamu memanggil kembali pengalamanmu sehingga pengalaman itu tidak hilang selamanya.

Poin dari langkah ini adalah untuk memudahkan kamu dalam mengingat mimpimu. Jika ini telah menjadi sebuha kebiasaan, maka kamu bisa mengingat mimpimu dengan sangat jelas.

Untuk sebagian orang, sangat susah untuk mengingat mimpinya. Karena, anggap begini. saat bermimpi, mimpi kamu ditaruh di bagian 'yang mudah hilang' di otakmu. Karena kamu tidak mengungkit tentang mimpi itu, informasi mimpimu pun hilang. Tapi, jika kamu segera memindahkan informasi itu ke bagian otak yang lebih aman, maka mimpimu akan tetap diingat, setidaknya untuk lebih lama.

makanya, perdalam hal-hal mengenai Mengingat mimpimu kembali >>Disini<<


Langkah 2. Tes Realita

Tes Realita, atau reality check, sangat berguna. Mimpi sadarku yang pertama terwujud karena tes realita ini. 

Tes realita adalah sebuah tes yang dapat meyakinkan kamu apakah kamu sedang bermimpi atau tidak.

Poin dari langkah ini adalah membiasakan dirimu untuk membedakan mana mimpi dan mana bukan.

Pada saat kamu sedang bangun, tanya dirimu, apakah kamu sedang bermimpi? Nanti, jika ini menjadi kebiasaan untukmu, maka kamu dapat mendapatkan lucid dream dengan cepat.

Teman saya, menggunakan jam tangan yang berbunyi setiap jam, dan setiap kali jamnya berbunyi, ia selalu melakukan tes realita.

Bahkan ia memakai jam itu saat tidur, sehingga saat ia sedang bermimpi, terjadi pergantian jam, ia melakukan tes realita dan ia pun bermimpi sadar.

Kamu bisa memilih tes realita yang cocok untukmu. Juga kapan waktu yang tepat untuk melakukannya.

Klik disini untuk belajar lebih lanjut mengenai tes realita

Langkah 3. Pemrogramman Mimpi Sadar

Saat kamu ingin tidur, program dirimu untuk memiliki lucid dream.

Gimana caranya? Ulangi kalimat ini dalam pikiranmu berkali-kali: aku akan ingat aku bermimpi apa. Aku akan bermimpi sadar malam ini. Ulangi terus bagian ini sampai kamu merasa betul betul mengantuk.


Langkah 4. Visualisasi Mimpi. (WILD)

Visualisasikan mimpimu. Ini merupakan bagian paling enak. Saat kamu merasa betul betul mengantuk. Bayangkan bahwa kamu sedang berada di dunia mimpi. Bayangkan dirimu berjalan jalan mengelilingi dunia mimpimu. Pertajam mimpimu. Lalu teriakan "aku sedang bermimpi!" (walaupun kamu masih bangun). Lalu tetap kelilingi dunia mimpimu. Poin dari langkah ini adalah kamu harus menanamkan sebuah misi untuk dijalankan saat kamu bermimpi.

Saat kamu jatuh tertidur pikiranmu bakal menetap di dalam mimpimu, kamu pun bermimpi sadar.

Langkah terakhir ini sama dengan sebuah teknik bernama wake induced Lucid dream (WILD).

Belajar lebih lanjut tentang WILD disini!

Selamat!

Selamat! Kamu telah belajar salah satu cara bermimpi sadar! Simpel bukan? Memang sangat simpel, tapi jangan biarkan ke-simpel-an itu diremehkan.


Terus berlatih! Pelan pelan saja!

Jangan lupa untuk tinggalkan komentar dibawah!

Glossarium:
Lucid dream : mimpi sadar
Wild : wake induced Lucid dream

Reality Check : tes realita

36 komentar:

  1. Kalau langkah MILD hrs melewati Langkah ke4 yg brarti WILD brarti kita hrs mlwati sleep paralysis?

    BalasHapus
  2. di artikel'' lain yg sya bca memang hrus melewati sleep paralysis,.
    Sjak gwe bca ini,gwe bru tau kalau dri dlu tiap mlam sya selalu mncoba tknik itu..
    Tpi ktiduran mulu.. T.T
    skrg mau cba tknik mild dlu buat pmula..

    BalasHapus
  3. saya udah bisa sampe ke tahap sleep paralysis..udah itu buyar jdi bangun

    knp yah..

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe mungkin karena gak rileks, saya juga udah ampe tahap sleep paralysis, tapinya gara-gara sekeliling saya gelap, trus suara-suara yang muncul di otak saya suara-suara seram jadi saya bangun deh, takut hehehe

      Hapus
    2. Betul! Selain takut, jangan memberontak.. kalo udah ga takut, udah ga berontak, udah rileks, bayangin aja suatu tempat..

      Hapus
    3. jadi waktu kerasa ketindihan gtu kita ga boleh nggerakin anggota badan kita sekalipun atau nggerakin jari2 kta? serem banget,ada ga cara lain tanpa harus melewati tahap sleep paralysis?

      Hapus
  4. saya udah bisa sampe ke tahap sleep paralysis..udah itu buyar jdi bangun

    knp yah..

    BalasHapus
  5. ini bisa langsung ke lucid dream tanpa sleep paralysis ga sih?sumpah takut banget kalo emang wajib ngelewatin sleep paralysis T.T

    BalasHapus
    Balasan
    1. jangan takut nyanyi aja biar relax tapi dalam pikiran ya :)

      Hapus
  6. kalo kita membayangkan kejadian yang akan kita masukan ke dalam lucid dream dengan emosi tinggi (misal berantem) apakah masih bisa melakukan lucid dream? terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tetap bisa kok. Saya pernah meledakan Indonesia di mimpi saya XD iseng...:D

      Hapus
  7. bisa tapi awas, kalau emosinya berlebihan bisa terbangun dari mimpi!

    BalasHapus
  8. sya dlu udh msuk lucid dream,, cman pertama2nya herann,, shbis sleep paralyze,, trus kyk lwt terowongan yg gelap gtu .eh, tiba2 ada di tengah hutan,, di hari yg cerah lgi,, pas aku meremin mata di hutan itu,, badan kerasa kek ketarik trus aku sadar,,
    tpi klo sadar lgi mimpi di pertengahan mimpi,, dlu sering waktu kecil,, jdi pas aku di tmpt yg aneh2 aku jdi inget klo brusan udh tidur,, dn skrng brarti lgi mimpi,, udh deh nyoba terbang2 ato ngak nembus tembok,, enak banget rasanya,, cman pas lgi dipukul di lucid dream,, agak kerasa sakit di area yg di pukul.

    BalasHapus
  9. gan, ane baru belajar sehari. Dan pas mo tidur ane pakek tehnik MILD. Dan trnyata brhasil gan :D ane dah nyampe sleep paralysis, ane tetep tutup mata, dan ngebayangin apa yg pengen ane lakuin pas LD. Tapi wktu itu ane jd kebelet pipis -,-

    dan, akhirnya ane tidur lagi dan.. Boom ! Ane dapet mimpi aneh. Ane ada d tempat yg semuanya putih gk ada apa2. Tiba2 ada tmpilan kyak web. Di banner nya ada tulisan Lucid Dream v2.3 trus isinya tuh kyak.. Anu gan.. Mm.. Gini gan, agan pernah nginstal game ato software kan, nah biasanya setiap abis nginstal, pasti ada tour guide buat cara makek nya kan.. Nah.. Tampilan nya kayak gitu gan.

    Nah, lanjut. Di bawah banner ada form yg ngasih tau 'saya bisa masukin siapa aja yg saya ke dalam mimpi' ada form text sama tempat gambar nya lho
    :D ane coba mikirin seseorang dan nama + gambarnya lngsung muncul !

    Trus d bawahnya ada form lg. Kalo ane bisa ngedenger apa aja yg ane pengen.

    Tapi ane gk sempet nyoba karna ane tiba2 lngsung pindah tempat ke rumah ane. Ane lg beres2 sma temen ane. Ane ngeliat buku, ane penasaran, ane ambil. Trnyata isinya undangan ngabuburit bareng. Dan ane inget, kalo jurnal mimpi ane masih kosong. Trus ane isi, lumayan bnyak si. Pas udah selesai, ane tiba2 bangun. Ane kaget trnyata jurnal mimpi ane gk pindah tempat. Ane heran, trnyata yg barusan itu cuma mimpi, rasa nya real bgt. Ane gk inget buat reality check lg
    -,-

    menurut agan, yg ane alamin itu lucid dream bkan?
    Di jawab ya gan.. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya itu lucid dream, namanya FALSE AWAKENING (kalo ga salah ada di blog)
      saya jg sering dpt false awakening... emang bikin kesel banget.
      makanya selalu lakuin reality check (tes realita)

      Hapus
    2. aowkwkwk berarti percobaan pertama ane sukses donk gan :D
      makasih bnyak ya gan.. :)

      tpi, kok gk sesuai rencana ya gan LD nya, 0.o

      gini gan, masalahnya pas ngalamin SP yg ane byangin itu ane lg belajar terbang sama seseorang, tapi pas di mimpi, knp cerita nya beda. Knp hrus d rumah? -,-

      cara supaya bisa sesuai harapan. Hrus ngapain si gan? Yg mana yg hrus ane pelajarin lg..

      Bantuin ya gan..
      :D
      Hehe..

      Oia, sekalian. Kasih tau link fb ente donk. Ane pake tri aon gan. Jd gk selamanya bisa buka blog ente T,T

      Hapus
    3. Ga masuk affirmasinya kali. Kenapa rumah? Soalnya itu yg agan terakhir pikirin / lihat kali.

      Cek lucid dream hypnosis dan affirmasi di sini.

      Line aja gan.. ada gak?

      Hapus
    4. Minta jg donk gan
      Pengwn tau lebih nih

      Hapus
    5. Add lineku ya "dian_55"
      Ak ga trlalu ngrti klo lewat penjelasan..

      Hapus
  10. wah, ane gk punya gan, kalo support sony c510 si gk papa.

    Tpi, kalo gk salah, ada yg buat pc. Ane usahain deh, ywd ane minta line ente.
    Kalo bisa si, sm fb jg biar gampang.. :D

    Oia, jawab pertanyaan ane yg disini donk gan..
    Hehe

    lucid-dreaming-101.blogspot.com/2012/12/wake-back-to-bed-wbtb.html

    BalasHapus
  11. saya udah pernah coba sekali teknik ini, tapi saya dapat masalah..
    jadi awalnya saya berhasil reality check di dalem mimpi, saya lihat tangan saya ternyata ada yang aneh, jari saya cuma ada 3
    nah disitu saya merinding, tapi seketika sadar kalau saya sedang mimpi, lalu saya berhasil lucid, waktu itu kalau ga salah saya nembakin peluru terus saya kejar dan saya gigit peluru nya, nah lucid ga berlangsung lama, setelah itu saya kembali mengikuti alur mimpi, dan ga sadar lagi kalau itu mimpi (padalah masih di mimpi yang sama)

    ini gimana ngatasinnya? :/

    BalasHapus
    Balasan
    1. menurut saya, waktu bisa melakukan Lucid dream, jangan merasa senang. nanti karena kesenangan malah jadi buyar dan malah terbawa arus mimpi(menurut pengalaman saya)
      Dan juga kalau mimpinya sudah agak buram, mutar2 aja di mimpi.. nanti jadi gak buram lagi. :D

      Hapus
  12. Gan pass ane klik " Belajar lebih lanjut mengenai pemrogramman mimpi sadar disini." Kok halaman tdk di temukan

    BalasHapus
  13. ane juga mengalami salah satu mimpi sadar tapi ga sepenuhnya di inget...
    awalnya ane kepikiran terus dengan lucid dream (LD) n astral projection (AP) yg ane buka di internet...
    sulit tidur dan mencoba tidur akhirnya ane merasakan sleep paralysis (SP) tetapi tidak merasakan keanehan sperti suara keras, sesak nafas, atau apalah, bisa dikatakan dalam SP ane itu cuma didlam ruangan yg sangt gelap tnpa gngguan apapun, bebrpa saat kemudian mncul sinar putih terang gtu agak lama ane masuk ke dunia mimpi, awalnya takut apa itu LD atau mimpi biasa ane sempet marah sama seseorang yg ad d dlm mimpi dan nanya sma org tuh gmna cara melepasin mimpi nih gmna...
    tetapi tuh orang cuek2 aja dan tidak melepas pandangan yg ckup menakutkan tapi ane mencoba memukul wajahnya beberpa kali dia pun ga bebrbiacara sepatah kata pun. Biasanya klo memukul orang pasti akan merasakan sakit di tangan tapi ane tidak merasakan demikian.
    stelah itu ane berpindah posisi seperti di dunia perang, di sana ane bertemu dg Naruto (beneran) dia terdesak akibat perang dan melukai tubuh naruto dengan memakai kunai dan ane coba bantu dia dg pukulan ane tetapi msuhnya terus menyrang naruto padahal ane yg mukul msuhnya...
    dan beberapa saat kemudian hilang dari mimpi tersebut ane merasa kegelapan lagi, lalu ane langsung terbangun. mungkin karena ada rasa takut blm terbiasa melalukan LD jadi cepet bangunnya.
    itu mimpinya 1 jam di dunia nyata, terasa singkat kalo didlam mimpi...
    apakah ane termasuk LD atau mimpi biasa?
    Kalo pun ane merasakan LD di level berapakah ane merasakan mimpi itu?
    mohon penjelasannya ane penasaran aja...
    trims..!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. gw ga tau u masih baca apa ga, secara posting 2013. tapi bagi gw itu u mimpi biasa. soalny u sama sekali ga pnya kendali mimpi disna.

      Hapus
  14. Saya terkadang mengalami mimpi yg sangat jelas, dan tidak masuk di akal. Tetapi saya tidak mampu mengendalikannya, ini belum termasuk Lucid Dream?
    Tentang sleep paralyze pun sering terjadi, dan pernah saya bermimpi dikejar pocong kaya lagi tawaf,awkwkwk

    BalasHapus
  15. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  16. Posisi tidur menentukan berhasil atau tidaknya LD kah ?

    BalasHapus
  17. gagal .. ngelewatin SP 2x .. badan langsung demam + ngilu .. T^T

    BalasHapus
  18. --9 saya mau L. udah sampe tahap SP. tapi begonya saya malah ngebayangin bulu sama kapas. alhasil saya jadi AP. nah saya AP itu di larang sama ortu.jadi gue ga ma dah :v takut ada apa apa

    BalasHapus
  19. sy pembelajar baru dan siap mengikuti artikle dahsyat ini....
    mohon bimbingannya dlm menjadi sang pemimpi.... salam dahsyat !!

    BalasHapus
  20. mantap.... siap menyimak lebih jauh.... dan coba melakukan sesuai petunjuk master di sini.... salam kenal semua....

    BalasHapus
  21. saya sering mimpi dan sadar, alhamdulillah tidak pernah belajar, bahkan mimpi ini saya terus pelajari sampai sekarangSecara otodidak tidak pakai teori tapi natural. Sampai pada suatu kesimpulan akhir mimpi itu berwarna, berasa sampai bau pun bisa tercium lewat mimpi. Sampai saat ini saya belum tahu kegunaan mimpi sadar (lucid dream) ada yang tahu?? Mohon bantuannya.
    Saya juga sering nge hang kalau dalam mimpi terlalu banyak info...misal ketemu kawan lama yang dari kecil kita sahabatan jadi info teman saya tadi langsung kebuka saat itu juga. Tapi kalau satu sih biasa saja kadang teman karib sampe 4 itu yang bikin otak nge hang.berbahayakah ? trims atas bantuannya....

    BalasHapus
  22. Pas ngantuk kan kta disuruh visualisasikan menjelajahi tempat kan smpe ketiduran..
    Nah itu bedanya sma berkhayal smpe ketiduran ap ?

    BalasHapus
  23. Baru tadi pagi gue ngalamin lucid dream gagal. Gue pake tekhnik mild. Pas gue bangun, gue langsung ngecek jari gue sama jam. Jari gue ada 3 disitu, bentuknya juga gak normal. Terus gue nyoba buat mengendalikan mimpi,berhasil. Objek yg gue bayangin ada di depan mata gue. Tapi burem jadinya. Terus gue bangun deh. Padahal gue pengen terbang bareng sama objek yg gue pilih hm.

    BalasHapus
  24. Bang saya kemarin bermimpi saya ada di sebuah tempat. Lalu saya sadar bahwa saya sedang bermimpi. Tapi mimpi saya saat itu sangat buram. dan sebelum hilang saya langsung melakukan reality check dengan menghitung jari dan menutup hidung. Jari saya ada 11 dan saat saya menutup hidung saya bisa bernapas. Dan saat saya melakukan reality check itu mimpi saya semakin jelas dan sangaaatttttt nyata.
    Tapi masalahnya saya tidak bisa mengendalikan mimpi itu dan tidak lama mimpi saya itu tiba2 hilang. Solusinya gimana bang?
    Mohon dijawab

    BalasHapus