5 Fase Tidur

5 Fase Tidur


Saat kamu tidur, tubuhmu masuk ke dalam beberapa fase tidur. Bagi orang dewasa setiap fase bisa memakan waktu satu jam setengah sampai dua jam, makanya orang dewasa biasanya membutuhkan 7-8 jam tidur, agar dapat mengalami kelima siklus tidur.

Berterimakasihlah pada alat electroencephalograph, karena oleh alat itu, para ilmuan dapat mempelajari lebih lagi mengenai tidur. Pada tahun 1950, seorang pemuda bernama Eugene Aserinsky menggunakan alat electroencephalograph untuk menemukan fase REM. Setelah dipelajari lebih lanjut, tidur memiliki beberapa fase yang berbeda.

Ada 5 fase tidur : Tahap 1, 2, 3, 4, dan REM (Rapid Eye Movement). Biasanya, saat kamu mulai tidur, kamu akan masuk ke dalam tahap 1, lalu masuk ke tahap REM, lalu tahap 2, diikuti dengan tahap REM, dan seterusnya. Otakmu bertindak berbeda pada setiap tahap. Memiliki tidur yang cukup (8 jam) disertai dengan kebiasaan tidur yang baik akan membuat kamu untuk memiliki semua fase saat tidur.

Fase 1

Fase paling pertama dan paling 'ringan'. Ini merupakan fase transisi antara bangun dan tidur. Pada fase ini otakmu mengeluarkan gelombang 'theta' yang merupakan gelombang yang sangat lambat.. Periode ini hanya bertahan sebentar (5-10 menit).Jika kamu membangunkan seseorang pada fase ini, mereka akan berkata bahwa mereka belum tertidur.Walaupun biasanya kamu sudah tertidur, karena inilah fase dimana masuk keluar tidur sering terjadi. Di fase ini juga terjadi halusinasi hypnagogic (aliasfase setengah tidur)

Fase 2

46-55% tidur kamu didominasi oleh fase 2. Temperatur tubuhmu mulai menurun beserta detak jantungmu. Matamu berhenti bergerak, dan gelombang otakmu menjadi lebih pelan. Sleep splindles (semburan aktivitas otak secara singkat) juga terjadi disini. Kamu juga akan kehilangan kontrol atas ototmu (ini mengapa terjadi REM ATONIA ), sehingga kamu tidak akan bergerak sesuai badan mimpimu. Kamu tidak bermimpi disini.

Fase 3
Fase 3 adalah fase perpindahan dari tidur 'ringan' dengan tidur 'berat'. Otakmu akan mengeluarkan gelombang delta (0.5-4 Hz)(frekuensi terkecil). Mulai fase ini, susah untuk membangunkan orang dari tidurnya. Sleepwalking (tidur sambil berjalan) biasa berlaku disini. lagi-lagi, kamu tidak bermimpi disini.

Fase 4

Fase 4 adalah fase tidur 'berat'.  Frekuensi delta menjadi lebih eksklusif, dan membangunkan seseorang dai fase ini menjadi lebih susah. etelah melewati fase ini kamu akan merasa fresh. Disini, kedua energy fisik dan mentalmu terisi kembali. Fase ini bisa memakan waktu 30 menit

Rapid Eye Movement (REM)

Eng ing eng, fase yang ditunggu telah datang, Mimpi biasa terjadi disini. REM identik dengan pergerakan mata, peningkatan kegiatan pernapasan (menjadi cepat, tidak menentu, dan dangkal), peningkatan aktivitas otak. Mimpi terjadi karena peningkatan aktivitas otak, tetapi otot kamu masih paralyzed. Pergerakan mata ternyata sama loh sama pergerakan mata di dunia mimpi. Karena meningkatnya tekanan darah, lelaki dewasa biasanya akan mengalami ereksi.

Fase REM memungkinkan kamu untuk bermimpi. Mimpi pertama biasanya pendek. Tetapi semakin pagi mimpimu akan menjadi semakin panjang (makanya ada teknik WBTB), itu karena fase tidur 'berat'mu akan berkurang, tetapi fase REM-mu meningkat.

Jika seseorang tidak melewati fase REM, maka tidur selanjutnya akan langsung masuk ke dalam fase REM (seperti yang ada di teknik WBTB)


Apa Waktu Yang Cocok Untuk Ber-Lucid Dream?

Fase REM yang terlama yang akan kamu alami ada di siklus kelima, setelah sekitar 6 jam tidur. Lihatlah grafik dibawah ini:



Grafik diatas adalah grafik yang menjelaskan 5 fase tidur-mu.
Biasanya, jika kamu bangun bukan karena alarm, itu berarti kamu bangun saat sedang bermimpi. Mimpi datang saat fase REM. Itu juga alasan mengapa saat kamu trebangun tengah malam, jangan bergerak dan kamu bisa masuk kembali ke fase REM.

Grafik itu juga menunjukan bahwa fase REM akan menjadi semakin panjang di pagi hari. Itulah yang kita gunakan di teknik WBTB.

Berapa Lama Waktu Tidur yang Diperlukan Seseorang?

Pikirkan berapa jam dan berapa fase tidur yang akan kamu lewati. Contohnya, tidur selama 7 jam akan membangunkan kamu di fase kelima. Ini memotong dan mencegah REM kamu yang kelima. LMerupakan hal yang sangat lebih baik jika kamu telah menyelesaikan kelima fase ini dan bangun pada stage 1.

Jadi, berapa lama waktu tidur yang diperlukan seseorang? Para ahli telah menjabarkannya seperti berikut:
Umur dan Kondisi
Jam
Siklus tidur
Bayi baru lahir.
Diatas 18
12
1-12 bulan
14-18
9-12
1-3 tahun
12-15
8-10
3-5 tahun
11-13
7-8
5-12 tahun
9-11
6-7
Remaja
9-10
6
Orang dewasa
7-8
4-5
Ibu hamil
8+
5+



Berapa Lama Mimpi Berlangsung?
Kita bisa tahu berpa lama kita bermimpi dengan mesin EEG. Mimpi berlangsung pada fase REM, dimana matamu bergerak-gerak, sesuai dengan arah matamu di dalam mimpi.

Laporan menyatakan bahwa fase REM kamu yang alami di siklus pertama hanya berlangsung beberapa menit. Siklus tidur yang pertama didedikasikan untuk N-REM (Non REM) dan penyembuhan diri. Jadi biasanya mimpi di fase REM pertamamu tidak di-ingat olehmu. 

Setelah tidur lama, pada saat pagi hari, REM-mu akan menjadi panjang dan bisa mencapai 45-60 menit


1 komentar:

  1. Gan, ane punya pertanyaan, jadi gini ane mau coba lucid dream, tapi kan ada teknik yg mengharuskan kita serelax mungkin(setengah tidur) nah kan kata agan bisa pake music yg membawa kita ke setengah tidur. Nah ane punya aplikasi hp namanya Relax Melodies Premium, itu aplikasi berbayar. Ane dah beli, tapi sialnya ane kurang ngerti bahasa inggris, nah dari pilihan brainwave yg tersedia di aplikasi tersebut ada yg jenisnya bertuliskan: "Deep Meditation mid theta 5hz" nah itu kan judul wavenya, trus ada keterangannya gini nih : "The mid theta wave enables you to go into deep sleep state of meditation. It will facilitate the transition between sleep and wakefulness". Nah gan, itu jadi artinya sama ga kalo wave barusan ane sebut gunanya buat bawa ane ke fase setengah tidur?

    BalasHapus