Sleep Paralysis

Sleep Paralysis

UPDATE!!
ternyata kita salah tentang SP.
cek disini

Yutha Shuta : pernah sampai tidur dan merasa tindihan, dan itu yang pertama sekali baru saya rasakan.. bagaimana cara mencapai seperti itu lagi ya?. jujur itu terjadi waktu saya sedang sakit dan anehnya saya malah berdoa karena ketakutan apakah saya sedang sekarat atau tidak. setelah itu saya pejamkan mata dan 100 persen tersadar dari mimpi
Pernah enggak kalian ngerasa seperti diatas? Badan gak bisa digerakin, halusinasi, mendengar yang aneh aneh, dll.

Itu semua bernama 'sleep paralysis'. Sebuah mekanisme tubuh yang menjaga agar tubuhmu di dunia nyata tidak bergerak sesuai dengan tubuhmu di dunia mimpi. Sleep paralysis juga kadang disebut sebagai fase transisi antara bangun dengan mimpi.

Sleep paralysis akan memengaruhi seluruh tubuhmu kecuali mata (kan mata bisa bergerak di fase REM), dada(sehingga kamu bisa bernapas), bibir, jari tangan & kaki.

Sleep paralysis adalah fase transisi antara bangun dengan tidur. Terkadang, ini bisa menyebabkan halusinasi, dan jika ini terjadi terus menerus maka ini bisa dikategorikan sebagai salah satu penyakit. Bahkan, SP inilah yang menyebabkan banyak orang berkata mereka diculik alien, atau ada hantu di rumah mereka.

Penyebab

Penyebab paling biasa adalah REM atonia, sebuah proses natural yang terjadi pada semua orang, setiap malam. REM berarti rapid eye movement. Sedangkan atonia berarti hilangnya ketegangan otot

REM atonia memotong hubungan antara badanmu dengan otak kamu, supaya kamu tidak bergerak sesuai dengan gerakanmu di dalam mimpi. Ini menjelaskan mengapa kamu tidak bisa bergerak saat SP.

SP terjadi karena pikiranmu masih aktif, sedangkan tubuh-mu tertidur. Biasanya pikiran mentalmu belum siap, sehingga kamu berhalusinasi yang buruk-buruk.

SP biasa terjadi karena stress atau siklus tidur yang terganggu karena pekerjaan, narcolepsi, kekurangan waktu tidur, jet lag, atau penyakit tidur yang lain. Kamu mungkin mendapatkan SP dari salah satu teknik induksi lucid dreaming, yang sangat bagus! Karena SP adalah 'jembatan' antara sadar dan mimpi.

Cara Stop Sleep Paralysis

Walaupun SP adalah 'jembatan', banyak orang yang belum siap mental untuk mendapatkan SP. Masih banyak yang takut akan SP, oleh karena itu, inilah 6 cara stop sleep paralysis
1. Relaks. Jangan coba lawan si SP. Tetep tenang, dan pikirkan bahwa SP bakal bawa kamu ke dunia mimpi.
2. Goyangkan ujung jari tanganmu dan kakimu. Ini akan memberitahukan otakmu bahwa kamu masih bangun (jari masih bisa digerakkan)

3.  Coba kedip kedip-kan matamu. Juga melihat sekitar ruangan. tujuan dari ini juga masih sama

4. Coba gerakan otot otot di wajahmu

5. Jika kamu merasa tidak bisa bernafas, ingat bahwa setiap malam kamu selalu mengalami ini, dan nafasmu
juga selalu seperti ini, dan kamu tetap hidup!


6. Pikiran kamu harus selalu positif. Bayangkan kamu ada di pantai. Kata beberapa orang, menyanyi dalam pikiran juga membantu


Biasanya, SP akan berlangsung kurang dari 10 detik. Jika SP sudah mencapai waktu yang tidak normal (1 jam-an misalnya) hubungi dokter. Bisa saja anda terjangkit narcolepsy atau sleep disorder yang lain.

Cara Ubah Sleep Paralysis Menjadi Lucid Dream 
1. Tenang saja. Jika kamu ketakutan, pikirkan hal yang dapat membuatmu tenang, seperti : "ini tidak dapat menyakitiku".

2. jangan bergerak, tutup mata, dan bayangkan sebuah tempat yang ingin kamu kunjungi

3. jika ciri-ciri SP sudah hilang, buka mata dan lakukan reality check!

10 komentar:

  1. kalok mimpi bisa sampek merasa keluar dari tubuhnya dan melihat keaadaan sekitar sama persis dengan kehidupan nyata seperti hal nya melihat tubuh kita yang masih tidur , itu masuk tahap apa kk ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah kalo itu mah kemungkinan kamu mngalami astral projection scra tdk sngaja. Atu dlm bhs jawanya raga sukma

      Hapus
  2. astral projection brai, hati hati sih denger denger

    BalasHapus
  3. Saya baru saja mengalami SP dan saya tidak bisa menggerakan kaki, tangan, mulut dan mata tidak bisa di tutup. Dan saya sampai melihat bayangan muka saya di depan wajah padahal didepan tidak ada kaca, dan rasanya mungkin yg saya rasakan seperti tercabut nyawanya. Ini SP yg menurut saya paling parah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  4. Mau masuk ke astral projection itu brasa sprti mlihat wjah sndiri

    BalasHapus
  5. Td malam saya kena sp, mata melek, semua tubuh kaku telinga saya berdenging terus.. Saya paksain gerak pas dah bisa gerak pindah posisi tidur menghadap kebawah.. Telinga saya berdenging lg sampai saya ganti posisi 4 kali.. Lalu saya putuskan bergerak dan pergi ke toilet.. Ngerasa ada yg ngikutin, dan merinding sangat dibagian belakang kepala yg ditengah.. Perasaan itu ga hilang2 oas mau tidur lg sampai akhirnya saya nyalain tv biar rame.. Akhirnya saya main coc deh sampai pagi biar perasaan aneh nya hilang :D

    BalasHapus